Senin, 02 Oktober 2023

Serunya Maulid Nabi Besama SMP IP Assalamah

Tahun ini, SMP Islam Plus Assalamah Ungaran kembali merayakan Maulid Nabi, atau hari kelahiran Nabi Besar Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi kali ini bertepatan pada hari Rabu, 27 September 2023 atau 12 Rabiul Awwal 1445H. Pastinya, SMP Islam Plus Assalamah ikut serta merayakannya.

Sebelumnya, siswa siswi telah bersama-sama membaca shalawat maulid selama 7 hari yang dilakukan setelah salat duhur berjamaah. Setiap hari kegiatan membaca shalawat dipimpin oleh enam (6) siswa secara bergantian.Di hari pertama dipimpin oleh Guru, lalu keesokannya oleh kelas 8 Al Mukhtar dilanjut oleh kelas 9 Al Burhan dan 9 At Thohir
 
Kegiatan membaca shalawat bersama-sama  

Puncak acara maulid nabi ini adalah pada hari Rabu, seluruh siswa dan guru memakai baju muslim. Para siswa pun diminta untuk membawa sarung untuk dipakai saat kegiatan salat. Acara Maulid Nabi dimulai dengan kegiatan membaca Asmaul Husna dan salat duha berjamaah. Setelahnya ada pembacaan Maulid Diba oleh seluruh guru putra dan tausiyah Maulid Nabi dari Bapak Mahfudz Syafruddin. Kemudian siswa siswi kembali ke kelas untuk bersiap-siap mengikuti lomba.

Lomba-lomba yang diadakan adalah lomba pembacaan diba’ secara berkelompok (putra dan putri), murottal, Tahfidz, Tausihah ,dan kaligrafi. Semua lomba diadakan hampir bersamaan. Siswa siswi yang tidak mengikuti lomba apapun diminta untuk menonton dan mendukung peserta lomba, terutama lomba membaca diba’ di aula lantai tiga.


Lomba diba, murottal, Tahfidz, Tausihah, dan kaligrafi

Kegiatan selanjutnya adalah makan siang, para siswa kembali ke kelas masing-masing. Kemudian semuanya mengambil air wudu dan salat duhur berjamaah di aula. Setelah selesai salat dan membaca doa, acara yang dinanti-nanti telah tiba. Pengumuman pemenang lomba Maulid Nabi. Semuanya heboh ketika mendengar nama kelasnya disebut sebagai pemenang.


Penerimaan hadiah pemenang lomba Maulid Nabi

Hadiah lomba diserahkan oleh PJ lomba, kemudian berfoto bersama. Acara Maulid Nabi pada hari itu pun ditutup setelah semua pemenang lomba telah disebutkan. Alhamdulillah, acara kali ini berjalan dengan lancar dan meriah.
 
Penulis : Hisyam Thoriq Firmansyah
Kelas : 8  AL Muhtar





1 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagus

Posting Komentar

 

Ruang Cipta Siswa Published @ 2014 by Ipietoon