Kamis, 12 Oktober 2023

Bahaya Bullying

VIRAL ! BULLYING PELAJAR SMP

➖➖➖➖➖➖➖

TERNYATA ISLAM MEMANDANG KERAS TINDAKAN BULLYING & KEKERASAN !

Bullying adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti dalam bentuk fisik, verbal, atau emosional/psikologis oleh seseorang atau kelompok yang merasa lebih kuat kepada korban yang lebih lemah fisik ataupun mentalnya secara berulang-ulang tanpa ada perlawanan dengan tujuan membuat korban menderita.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ 
Dalam surah Al-Hujurat yang kami cantumkan dalam gambar di atas, Allah Ta’ala memberikan kita petunjuk dalam berakhlak yang baik. Ibnu Katsir rahimahullah berkata bahwa ayat di atas berisi larangan melecehkan dan meremehkan orang lain. Dan sifat melecehkan dan meremehkan termasuk dalam kategori sombong sebagaimana sabda Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sombong adalah sikap menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR. Muslim no. 91).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ 
Bullying bisa terjadi dimana saja, di sekolah, di tempat kerja, di dunia maya, dalam pergaulan antar tetangga, bahkan di dalam keluarga.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ 
Lalu bagaimana cara mencegahnya?
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ 
Pembentukan karakter positif menjadi hal penting untuk menyiapkan seseorang dalam menghadapi tantangan dalam hidupnya. Seseorang dengan karakter positif akan sanggup menghadapi situasi sulit seperti misalnya saat menghadapi pelaku bullying. Pembentukan karakter positif ini bisa dilakukan dengan cara melatih kemampuan sosial dan emosional, membangun rasa percaya diri, melatih diri untuk mandiri dalam menyelesaikan masalah, peka terhadap lingkungan, dan berani tegas terhadap hal-hal yang tidak sesuai norma.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ 
Mari kita hentikan perilaku bullying ini, karena dampaknya akan sangat buruk bagi seseorang. saling menjaga ukhuwah, dan terus sebarkan pesan positif. Semoga bermanfaat.

Ayo simak video berikut ini :
 
 
Diedit oleh : Falvero Putra Riefinda, Ibrahim Aqsho Defiant
Kelas: VIII Al Hamid 
 


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Semoga Allah senantiasa melindungi keluarga SMP IP Assalamah dengan kesehatan, kebaikan, keselamatan dan keberkahan.. aamiin

Posting Komentar

 

Ruang Cipta Siswa Published @ 2014 by Ipietoon