Kamis, 22 Juni 2023

Melepas Jiwa Biru

People come and go. Semua orang pasti ada masa nya bersama dan berpisah seperti kemarin pada tanggal 17 Juni 2023 SMP Islam Plus Assalamah mengadakan acara wisuda/pelepasan angkatan 16 tahun 2022/2023 . Acara ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Kota Semarang yaitu Bp. Basari., S.T., M.Si., Kepala Disdikbudpora Kab Semarang Bpk Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, M.M , Kepala sekolah SMPIP Assalamah, Komite sekolah SMPIP Assalamah, Ketua Yayasan Assalamah dan, Bapak Ibu guru, pengurus OSIS, serta wali peserta didik kelas 9. 

Pada pukul 07.00 WIB acara dimulai dengan Khatmil Quran Juz 30 yang ditampilkan oleh angkatan 16 , disana para wisudawan dan wisudawati sudah mempersiapkan diri untuk melaksanakan Khotmil Qur’an. Mereka mulai berjalan dengan lantunan sholawat , setelah itu mereka mulai duduk di kursi sesuai urutan dan mulai melantunkan ayat suci Al Qur’an bersama-sama dengan kompak.

Setelah para wisudawan wisudawati melantunkan ayat suci Al Qur’an , dilanjut dengan penampilan solo perwakilan kelas VII dan VIII yaitu menyanyikan lagu islami berjudul Yasir Lana dan Rahmatun Lil’Alameen. Yang dinyanyikan oleh Adinda Putri Rahmadhani, Kania Paramita Nur Alana Prasetyo, dan Steffi Definanda Sitepu.

Setelah penampilan solo selesai, MC mulai membacakan 19 rundown acara yang akan dilaksanakan. Dari acara pertama dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dinyanyikan juga Mars Assalamah dengan dipimpin oleh kelompok padus yang juga terdiri dari anggota OSIS. 

Setelah anggota padus menyelesaikan tugasnya, di susul dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan beberapa sambutan dari Kepala sekolah SMPIP Assalamah, Komite sekolah SMPIP Assalamah, Ketua Yayasan Assalamah dan Kabid Disdikbudpora. 

Untuk memeriahkan acara. Dilanjutkan dengan penampilan tari yaitu tari Soyong. Yang ditampilkan oleh lima orang perwakilan dari kelas VII dan VIII. Dengan lengak legok dan kecantikan para penari mampu memecahkan suasana menjadi sangat hingar-bingar dan terlihat sangat seruu.

Setelah penampilan tarian yang sangat indah tadi ada sambutan dan pesan untuk siswa/i yaitu dari Bp. Basari., S.T., M.Si. Wakil Bupati Kota Semarang.

Ada juga penampilan hiburan yang ditampilkan oleh angota padus yaitu lagu yang berjudul Seandainya dari Vierra. Disana Kakak kelas XI angkatan 16 pun ikut menyanyikan lagu itu sehingga membuat acara menjadi semakin terlihat meriah. 

Telah masuk ke inti acara yaitu pengalungan samir pada Wisudawan & Wisudawati. Inti acara ini dimulai dari wisudawan beserta Wali terlebih dahulu lalu disusul dengan wisudawati beserta Wali. Pemberian Ijazah dilaksanakan bersama dengan Bapak Ketua Yayasan dan Bapak Kepala Sekolah SMP Islam Plus Assalamah yang menyerahkan ijazah dan memindahkan tali toga. Terdengar sorak dari para peserta setiap nama demi nama disebut sehingga menambah kesan ramai pada acara.

Setelah nama dari satu persatu peserta selesai dipanggil. Para wisudawan dan wisudawati naik ke panggung untuk mempersembahkan puisi. Dengan diiringi lagu yang dinyanyikan sendiri oleh angkatan 16. Dimulai dari lagu yang dipersembahkan untuk sang ayah dan disusul dengan lagu yang dipersembahkan untuk ibunda dengan puisi yang mampu menambah kesan haru pada acara. 

Tidak hanya sampai disitu, mereka juga menyanyikan lagu tentang persahabatan. Dengan puisi yang tak kalah membuat tetesan air mata mulai berjatuhan. Sorak sorai dan rasa haru sempat menyelimuti tempat dimana acara itu digelar. Para wisudawan dan wisudawati saling berpelukan sebagai tanda perpisahan mereka.

Setelah banyaknya tetesan air mata yang jatuh, ada penampilan hiburan yang terakhir yaitu tari Denok Semarang. Yang ditampilkan oleh empat orang dan perwakilan kelas VII dan VIII , dengan baju biru yang mengkilap dan kecantikan para penari menghadirkan kembali suasana bahagia diantara para wisudawan dan wisudawati.

Setelah penampilan tari Denok Semarang tadi kini waktunya menyampaikan pesan dan kesan. Pesan dan kesan yang pertama yaitu pesan dan kesan dari kelas XI angkatan 16 yang di wakilkan oleh Ka Nurul Azizah.

Selanjutnya adalah pesan dan kesan Ketua OSIS perwakilan VII dan VIII yang disampaikan oleh Ka Langit Harimaloda Selaku ketua OSIS 2022/2023 

Terimakasih untuk Ka Nurul dan Ka Langit atas pesan dan kesan yang telah disampaikan , Semoga kakak-kakak kelas XI angkatan 16 kedepannya bisa menjadi lebih baik dan semangat terus untuk menempuh ke jenjang selanjutnya.

Setelah pesan dan kesan yang telah disampaikan oleh Ka Nurul dan Ka Langit. Sekarang waktunya pembagian penghargaan kepada wisudawan dan wisudawati yang berprestasi. Terdapat tiga juara wisudawan dan wisudawati terbaik dan juara Tahsin Tahfiz , Wah penasaran ga yaa siapa yang bakal maju kedepan dan mendapat penghargaan??

WAHHH SELAMAT YAA KAAA!!! Selamat buat Kakak- kakak yang maju kedepan dan memperoleh penghargaan, semoga kedepannya kakak bisa memperoleh prestasi yang lebih banyak lagi dan bisa menjadi siswa/i yang lebih berprestasi kedepan nyaa. Untuk yang belum bisa maju kedepan tetap semangat yaa kakk!!!

“Teruslah melangkah meski itu pelan karena dengan melangkah akan menjadikan kita semakin dekat dengan tujuan dan prestasi yang diinginkan.”

Setelah itu dilanjutkan oleh doa yang dipimpin oleh Bp Mashadi M.Si , dan terakhir mereka melakukan sesi foto.

Kami ucapakan terimakasih kepada Kakak-kakak kelas XI angkatan 16 , dan terimakasih banyak atas kenangan yang kakak-kakak berikan kepada kami semua kenangan itu tidak akan pernah kami lupakan.

“Walau jarak mungkin memisahkan kita, kita tidak pernah berjauhan karena persahabatan tidak menghitung jarak. Itu diukur dengan hati.”

Terimakasih kasih kakak-kakak sampai jumpaa kembali!!

Nama Penulis : Elmira Atma Azaria dan Almaira Syifa Agatha 

Kelas : VII Al Hadi dan VIII Al Mukhtar 

2 komentar:

Anonim mengatakan...

♥♥♥

Anonim mengatakan...

💟💟

Posting Komentar

 

Ruang Cipta Siswa Published @ 2014 by Ipietoon