Minggu, 10 Maret 2024

HAL HAL YANG DISUKAI SAAT BULAN ROMADHON

Asssalammualaikum gaess Apa kabarnya kalian ? 

Semoga selalu sehat semuanya ya ! 

Tak terasa Bulan Ramadhan yang sangat kita rindukan ini sudah (hampir) tiba.

Ada yang berpuasa Senin (Muhammadiyah) ataupun Selasa (NU dan Pemerintah) tak jadi masalah , yang penting adalah kesungguhan dan kekhusyukkan dalam menjalankan ibadah puasa tersebut. πŸ˜‡

Dan kali ini saya akan bercerita dan berbagi pengalaman serta hal hal apa saja yang membuat kita semangat dalam menyambut dan menjalani puasa Romadhon ini di setiap tahunnya terutama waktu saya masih seusia anak sekolah, Barangkali kalian juga merasakan dan melakukan hal yang sama, Nanti bisa ditambahkan di kolom komentar ya. Tanpa perelu berlama lama lagi, let's cekidot ! :

1. Sholat Tarawih

Sholat Tarawih merupakan sholat malam (sunnah) yang hanya ada dilakukan selama bulan Ramadhan saja. Biasanya awal Ramadhan anak anak kecil, remaja dan orang tua pada semangat ke masjid dan mushollah untuk melaksanakan ibadah ini. Selain banyak temannya yang sholat entah kenapa terasa beda saja aura Sholat Tarawih ini padahal kalau hari biasa untuk melaksnakan sholat sunnah malam seperti Tahajud susahnya minta ampun πŸ˜‚ Kenapa kok pas Romadhon, Sholat Tarawih yang jumlah rakaatnya 11 dan ada yang 23 kita semangat melakukannya ? Masya Alloh itulah istimewanya Romadhon dimana pahalanya dilipatkan dan setan dibelengguh.

www.detik.com

2. Membangunkan Sahur

Kebiasaan yang membangunkan sahur ini dilakukan oleh para remaja dan anak anak kecil. Biasanya dikampung mereka pada pukul 02.30 pasti sudah berkumpul dengan membawa peralatan tradisional seperti kentongan dan alat alat lainnya yang bisa dibunyikan (klotekan) agar jalanan depan rumah yang mereka lewati mendenghar bunyi berisik klotekannya sehingga orang orang pada bangun untuk makan Sahur. Pada era modern saat ini kebiasaan ini sudah hampir luntur semenjak ada Alarm Hape, pesan dan telpon by Wa, ataupun pengeras suara di masjid untuk membangunkan sahur dan lain sebagainya.

https://ramadan.kompasiana.com

3. Menunggu Waktu Berbuka (Ngabuburit) 

Bahagianya orang yang berpuasa adalah tatkala waktu berbuka hampir tiba. Ada  istilah ngetren di masyarakat yakni Ngabuburit. Ngabuburit ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk mencari menu makanan berbuka puasa. Ada yang mau hemat dengan masak sendiri, ada yang mau praktis dengan beli  lauk yang sudah jadi di pinggir jalan atau makan di restorant bahkan ada yang mengadakan mengadakan Bukber, ada yang berolah raga, melakukan jogging dan banyak hal positif lainnya. Saat waktu buka tiba ada perasaan lega apalagi minumannya adalah es buah dan sirup yang segar serta menu makannya yang menggugah selera. Tapi... yang patut diingat adalah jangan sampai terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya agar sholat Tarawih tidah mengantuk atau kekenyangan πŸ˜….

https://imgcdn.solopos.com

4 Membaca Tadarrus di Masjid 

Seperti yang kita ketahui pahala di bulan Ramadhan akan dilipat gandakan jumlahnya. Setiap kita melakukan kebaikan ataupun amalan sholih pasti akan di lipat gandakan. Tidak heran menamatkan membaca Alquran merupakan suatu target bagi kita. Minimal 1 x khatam selama bulan Romadhon Hal ini bisa diwujudkan dengan cara 1 hari minimal 1 juz =  setiap sholat 5 waktu membaca 2 sampai 3 halaman (3 sampai 4 ain). 

https://www.lidbahaweres.com

5. Berburu Tanda Tangan Khotib Tarawih 

Tugas sekolah berupa mengisi buku Romadhon masih kerap diberikan oleh guru PAI. Tugas yang ada didalalmnya melipiui ringkasan kultum khotib Sholat Tarawih plus mendapat tanda tangannya, tanda tangan imam sholat Jumat, tanda tangan imam sholat Ied dan sekaligus ada halaman kontrol siswa tersebut puasa atau tidak puasa, bagi yang perempuan hal tersebut wajar apabila berhalangan, namun bagi laki laki akan ketahuan jika siswa tersebut mengisinya dengan jujur 😁. 

https://ramadan.kompasiana.com

6. Bermain Petasan 

Bermain petasan atau mercon memang asyik dan seru namun sebetulnya ini bukan suatu hal yang dianjurkan meskipun menjadi suatu mainan yang marak ketika musim Romadhon dan Lebaran tiba. Entah siapa yang mengawali namun kebiasaan ini sudah berlangsung lama dan serentak di masyarakat kita teruatama di kalangan anak anak dan remaja. Saking asyiknya bermain petasan atau mercon mereka mengabaikan ketenangan lingkungan sekitarnya, sering juga mengotori jalanan karena bekas dari petasan yang diledakkan banyak kertas berhamburan bahkan ada yang sampai merenggut korban jiwa atau luka parah dikarenakan saking besarnya ukuran dan daya ledak dari petasan yang dinyalakan πŸ˜“. 

https://img.harianjogja.com

7. Dibelikan Baju Baru

Hore lebaran hampir tiba, baju baru dong mestinya ? Ya biasanya memang seperti itu. Baju baru dibelikan oleh orangtua kita, bahkan sepatu dan sandal baru 😍.  Bagi yang puasanya full atau jarang bolongnya bolehlah di kasih reward baju baru, namun bagi yang tidak berpuasa  ? ... Ya Sorry Ye ... !πŸ˜‚

https://jambi.tribunnews.com
 8. Malam Takbiran

Setelah hampir 1 bulan puasa menahan lapar dan dahaga serta amarah serta perbuatan buruk lainnya, tiba waktunya menyambut kemenangan dan kembali ke fitri (suci) seperti bayi yang baru dilahirkan. Maka kita dianjurkan untuk banyak membaca takbir kemenangan sebanyak banyaknya saat  malam sebelum hari raya Idul Fitri tiba. Salah satu yang paling ditunggu kita adalah mengikuti kirab takbiran keliling ataupun menggemakan takbiran lewat pengeras suara yang ada di masjid dan Musholla. 

https://islam.nu.or.id/

9. Sholat Ied

Hari kemenangan pun tiba, maka umat islam pun dipagi hari sekitar pukul 06.00 berbondong bondong pergi ke masjid atau tanah lapang untuk mleakukan Sholat Ied. Ada perasaan senang karena sudah berhasil menjalani puasa selama 1 bulan dan mungkin karena baju nya baru 😊dan lain sebagainya. Namun demikian banyak pula yang bersedih karena bulan mulia itupun pergi πŸ˜”. Sambil kita selalu berharap setiap tahunnya agar senantiasa diberikan umur yang panjang dan kesempatan.

https://kaltimtoday.co

10. Mendapatkan uang

Baju Baru sudah, tak afdhol jika belum mendapatkan uang dari sanak saudara, kakak ataupun tetangga yang dikunjungi saat orangtua bermaaf maafan. Di Surabaya ada istilah Unjung Unjung untuk kegiatan ini. Anak anak banyak yang memanfaatkan moment ini untuk mencari uang πŸ˜„. Jika orang tua mendapatkan uang THR (Tunjangan hari Raya) dari kantor tempat mereka bekerja maka anak anak pun juga tak mau kalah dapat THR πŸ˜‚

https://lifestyle.kompas.com

11. Mudik Lebaran

Sungguh beruntung orang yang diperantauan pasti akan merindukan kampung halamannya ketika lebaran tiba. Bersusah payah orang rela pulang kampung (mudik) meskipun harus ditempuih dengan bemacet macet ria, perlu biaya besar, namun kerinduan mengalahkan itu semua, apalagi yang masih punya orangtua, pulang ke kampung halaman adalah wajib hukumnya. Semoga diberikan keselamatan dan kesehatan ketika mudik ke kampung halaman ya !

 

https://sippn.menpan.go.id

Itulah tadi hal hal yang kita rindukan dan kita lakukan selama bulan suci Romadhon. Semoga kita bisa menjalankan puasa kali ini dengan keimanan dan ketaqwaan serta rasa syukur yang tidak terhuingga karena masih dipertemukan kembali dengan bulan Mulia tahun ini

Akhir kata sampai jumpa lagi di next artikel ya Gaess ! πŸ™

Wassalammualakum 


Written By : Riesky Ferdian, M.Kom


0 komentar:

Posting Komentar

 

Ruang Cipta Siswa Published @ 2014 by Ipietoon