Rabu, 22 Maret 2023

Kegiatan Ujian Praktik Kelas 9

Pada hari Senin, kegiatan ujian praktik kelas 9 dimulai dan terlebih dahulu diawali kegiatan mujahadah bersama dengan kegiatannya berupa membaca Asmaul Husna, salat dhuha, dan dzikir dengan membaca basmallah sebanyak 786x pada jam 7 pagi. Setelah kegiatan mujahadah selesai, kegiatan ujian praktik kelas 9 diawali dengan praktik Tahsin dengan membaca acak juz 1-29 dan ditanyai tentang bacaan tajwid. Selanjutnya, dilanjut dengan ujian praktik Bahasa Jawa dengan mempraktikan drama perkelompok yang satu kelompok nya memiliki 8 sampai 9 orang. Setelah ujian praktik selesai, murid kelas 9 mengikuti pelaksanaan salat dzuhur berjamaah lalu membaca doa pulang. 


Pada hari kedua yaitu hari Selasa, kegiatan ujian praktik kelas 9 masih diawali dengan mujahadah bersama, dan dilanjut dengan ujian praktek TIK dan IPA. Di ujian praktik TIK, murid kelas 9 mempraktikkan pembuatan tabel data melalui komputer yang telah disediakan sekolah. Setelah ujian praktik TIK selesai, dilanjutkan dengan ujian praktik IPA. Pada ujian praktik IPA kali ini, murid kelas 9 mempraktikan menghitung gelombang dan getaran. Dan setelah murid kelas 9 telah melaksanakan ujian praktik, mereka pun melaksanakan salat dzuhur berjamaah dan membaca doa pulang.

Pada hari Rabu, siswa-siswi kelas 9 melaksanakan kegiatan mujahadah lagi dan setelah kegiatan mujahadah telah selesai, murid kelas 9 melaksanakan ujian praktik Tahfidz dan bahasa Indonesia. Pada ujian praktik Tahfidz, para murid diberikan kertas yang berisi apa saja yang akan diujikan kepada perserta ujian. Setelah ujian praktik Tahfidz selesai, murid kelas 9 melanjutkan ujian praktik Bahasa Indonesia. Pada ujian Bahasa Indonesia kali ini, siswa siswi kelas 9 membaca cerita pendek (cerpen) lalu membuat unsur intrinsik dan sinopsis yang terdapat didalam cerita pendek (cerpen) tersebut. Lalu setelah ujian praktik yang telah dilalui oleh murid kelas 9 pada hari Rabu, sebagai penutup, mereka melakukan salat dzuhur berjamaah dan membaca doa pulang.

Di hari Kamis, para siswa seperti biasa akan melaksanakan kegiatan bersama yaitu kegiatan mujahadah. Setelah menyelesaikan kegiatan mujahadah, para siswa siswi kelas 9 melaksanakan ujian praktik PJOK dan SBK. Di kegiatan PJOK, siswa siswi kelas 9 melakukan senam SKJ tanpa pemandu lalu dilanjutkan dengan lompat tali selama satu menit, squat thrust, dan diakhiri dengan jalan cepat. Dilanjutkan dengan ujian praktik SBK, siswa siswi kelas 9 menyanyikan lagu dengan cara karaoke secara online. Dan, setelah kegiatan ujian praktik selesai, siswa siswi kelas 9 melakukan salat berjamaah dan membaca doa pulang.

Di hari Jum'at, murid kelas 9 melaksanakan Market Day. Sebelum memulai kegiatan Market Day, kegiatan ini telah diundi untuk menentukan siapakah yang menjual makanan dan siapakah yang menjual minuman. Pada saat pelaksanaan Market Day ini, murid kelas 9 diberikan tugas Bahasa Inggris membuat vlog iklan disaat kegiatan Market Day berlangsung dengan menggunakan kalimat berbahasa Inggris dan diupload pada sosial media sekolah. Selain membuat vlog, siswa-siswi diberikan tugas Matematika, IPS, dan PAI yang digabung menjadi satu, yaitu membuat laporan kegiatan ujian praktek Market Day.

Di  hari Senin adalah hari terakhir kegiatan ujian praktik kelas 9. Di hari itu juga kegiatan diawali dengan mujahadah bersama dengan kegiatannya yang masih sama yaitu membaca asmaul husna hingga dzikir dengan membaca basmallah sebanyak 786x. Setelah kegiatan mujahadah selesai, siswa siswi kelas 9 melaksanakan ujian praktik Tahfidz bagi yang belum selesai, dan dilanjutkan kegiatan ujian praktik Bahasa Arab. Namun sebelum kegiatan ujian praktik Bahasa Arab dimulai, murid kelas 9 diberikan tugas untuk membuat video pidato bertemakan cinta nabi, hormati orangtua, cinta alquran, hormati atau cintai guru, dan mencari ilmu, dan siswa memilih salah satu tema tersebut, lalu dibacakan dengan menggunakan Bahasa Arab yang memiliki durasi video minimal 3 menit dan maximal 5 menit. Dan disaat ujian praktik Bahasa Arab, siswa siswi kelas 9 maju untuk menjelaskan inti pidato yang sudah dibacakan secara online.
















Nama penulis : Sabrina Kinan 
Kelas 8 Al Hamid 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ruang Cipta Siswa Published @ 2014 by Ipietoon